Loading...

Liberty Reserve Sudah Ditutup

Liberty Reserve cybercriminals
Liberty Reserve cybercriminals


SAN JOSE, Kosta Rika (AP) - Pendiri Reserve bisnis digital currency Liberty telah ditangkap di Spanyol atas tuduhan pencucian uang, kata otoritas Kosta Rika.

Polisi menggerebek tiga rumah dan lima bisnis terkait dengan Rika berbasis Costa Liberty Reserve dan kertas disita dan dokumen digital yang akan diserahkan kepada pihak berwenang AS, kata pernyataan itu. Seorang warga negara Rusia juga ditangkap dalam kasus di Kosta Rika pada hari Jumat dan akan diekstradisi ke AS, katanya.

Budovsky, Kosta Rika warga naturalisasi, ditahan Jumat. Dia telah meninggalkan kewarganegaraan AS dan menjadi penduduk dan warga Kosta Rika, Kosta Rika kata pihak berwenang.

Liberty Reserve adalah perusahaan yang memungkinkan pengguna untuk menerapkan untuk account melalui internet dengan hanya menyediakan alamat email yang valid. Setelah seseorang sign up untuk sebuah akun, Liberty Reserve memberi mereka nama pengguna dan nomor rekening dan mereka dapat mulai mentransfer uang di seluruh dunia, kata para pejabat Kosta Rika.


Mereka mengatakan perusahaan menutup kantornya di Kosta Rika pada tahun 2011. Website, bagaimanapun, telah terus beroperasi, meskipun itu secara offline Senin.


Menurut Kosta Rika polisi, Budovsky dijatuhi hukuman pada tahun 2007 sampai lima tahun masa percobaan setelah mengaku bersalah di pengadilan New York atas tuduhan ia beroperasi sebuah bisnis jasa keuangan ilegal mirip dengan Liberty Reserve.

Pemerintah AS tidak kembali pesan telepon dari The Associated Press mencari komentar Senin, yang merupakan hari libur Memorial Day di Amerika Serikat.

Asal Liberty Reserve tidak jelas, tetapi telah tumbuh menjadi salah satu yang paling dikenal sistem mata uang elektronik dunia kriminal itu, digunakan oleh hacker seluruh dunia untuk diam-diam memindahkan uang dalam jumlah besar melintasi perbatasan, para ahli mengatakan.

Liberty Reserve, yang melakukan transaksi dalam dolar, euro dan rubel, beroperasi sebagai anonim, tidak ada pertanyaan-meminta alternatif sistem perbankan global, kata Aditya Sood, ilmu komputer kandidat doktor di Michigan State University yang telah mempelajari mata uang elektronik .

"Anda tidak perlu untuk memberikan rincian lengkap Anda, atau informasi pribadi, atau hal-hal seperti itu," katanya dalam sebuah wawancara telepon. "Tidak ada cara untuk melacak akun. Itulah keindahan dari sistem."

Lepas pantai pusat mata, umumnya didirikan di tempat-tempat di luar jangkauan penegak hukum AS atau Eropa, dapat berfungsi sebagai perantara antara penjahat dan dunia keuangan utama, transaksi broker yang gilirannya secara ilegal diperoleh uang ke kas tampaknya sah.

Sood mengatakan bahwa meskipun penolakan menonjol peringatan terhadap pencucian uang, pusat mata biasanya memiliki sedikit di jalan pengawasan yang serius.

"Mereka tidak peduli," katanya. "Mereka tidak tahu di mana uang itu berasal dari atau di mana uang itu pergi. Begitulah cara mereka merancang model.

Liberty Reserve tampaknya telah memainkan peran penting dalam pencucian hasil dari pencurian terbaru dari beberapa $ 45.000.000 dari dua bank Timur Tengah, menurut dokumen hukum dibuat publik oleh otoritas AS awal bulan ini.

Keluhan terhadap salah satu anggota geng Republik Dominika yang diduga terlibat dalam pencurian menyatakan bahwa ribuan dolar senilai uang tunai dicuri diendapkan ke dalam dua rekening Liberty Reserve melalui sentra mata uang berbasis di Siberia dan Singapura.

Hilangnya Liberty Reserve memiliki potensi untuk menyebabkan "perubahan besar" dalam perekonomian cybercrime, kata peneliti jurnalis-berubah-keamanan investigasi Brian Krebbs, yang menambahkan dalam sebuah posting blog bahwa hackers writing in underground forums sudah berdengung dengan keprihatinan atas beku dana.

vidio penangkapan pendiri Liberty Reserve klik disini



sumber: BBC


0 komentar:

Posting Komentar

 
TOP